Senin, 21 Juni 2010

TDL Naik, Awas Harga Bahan Pokok Naik

0 komentar
JAKARTA- Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) diharapkan tidak menjadi peluang bagi pengusaha menaikan harga bahan pokok. Sebab dapat menyumbang inflasi menjadi lebih tinggi.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengaku para pengusaha nakal menggunakan momen kenaikan TDL untuk bisa menaikkan harga barang. “Kenaikan TDL bisa digunakan sebagai alasan untuk menaikan harga barang,” ucapnya, Minggu (20/6).
Dia mengatakan, secara logika, jika TDL dinaikkan hingga 10 persen saja, maka kenaikan harga barang hanya berkisar 0,4 persen. “Tapi ada juga pengusaha yang nakal dan menaikkan harga barang pukul rata hingga 10 persen,” jelasnya.
Dalam hal ini, lanjut Rusman, pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa. Karena Pemerintah tidak berhak mengontrol harga barang bebas. Tetapi, di sisi lain pemerintah bisa mengontrol harga bahan pokok. “Pemerintah bisa campur tangan dalam hal harga barang pokok. Kalau untuk free market, mungkin hanya sekedar himbauan saja,” tuturnya.
Namun menurut Rusman, bila dinilai secara logika, bahwa pengusaha juga tidak bisa semena-mena untuk menaikkan harga barang. Pasalnya, jika produsen menaikkan harga diatas standar, maka permintaan akan menjadi turun. “Maka pengusaha juga menjadi berpikir untuk menaikkan harga barang di atas standar,” tandasnya.(net)

0 komentar:

Posting Komentar