Selasa, 13 Juli 2010

Pertamina ‘Digilir’ Komisi B dan C

0 komentar
SURABAYA – Banyaknya kejadian kebakaran yang disebabkan meledaknya tabung liquid petroleum gas (LPG/elpiji) membuat PT Pertamina diundang hearing secara maraton di Komisi B dan C DPRD Surabaya, kemarin (12/7).

Hearing pertama dilakukan dengan Komisi C yang juga mengundang Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya. Komisi C mendesak Pertamina melakukan pengawasan dengan sistem terpadu. Ini karena warga sangat resah dengan banyaknya kebakaran akibat ledakan tabung elpiji. “Kami minta Pertamina ikut bertanggungjawab,” kata Ketua Komisi C, Sachiroel Alim Anwar, kemarin.

Ia mengatakan, Pertamina harus mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat atas penggunaan gas elpiji. Banyaknya kasus kebakaran yang disebabkan ledakan gas elpiji membuat masyarakat was-was. “Pengawasan bisa dilakukan Pertamina dengan diketatinya izin bagi pangkalan SPBE (stasiun pengisian bulk elpiji, red),” katanya. Selain itu, sosialisasi mekanisme pemakaian tabung secara benar juga harus digencarkan. Jika ada kesalahan di agen, Pertamina harus mengambil tindakan.
“Soalnya, ini menyangkut nyawa manusia,” cetus Sachiroel Alim. Anggota Komisi C, Agus Sudarsono menambahkan, pengetatan juga harus dilakukan di semua tahapan.

Ia meminta Pertamina bisa menjadi ‘polisi’ bagi produknya sendiri. Pertamina harus melakukan tindakan jika menilai ada praktik yang tidak benar di lapangan. Manajer Gasdom IV Pertamina, Sony Arsono Kuswardana mengatakan, pihaknya memang tidak bisa mengontrol semua tabung elpiji di pengecer terutama yang ukuran 3 kg. Menurut dia,

Pertamina hanya bisa mengontrol sampai tingkat agen.
“Karena itu, kami mengimbau agar masyarakat jika membeli elpiji ke agen. Untuk di pengecer, kami tidak bisa mengawasi,” katanya.
Selesai hearing dengan Komisi C, Pertamina langsung masuk ke ruangan Komisi B. Rupanya, komisi bidang perekonomian ini juga mengagendakan hearing yang sama. Ketua Komisi B Mochammad Machmud meminta Pertamina lebih proaktif mengawasi produknya.
Selesai hearing, Pertamina bersama anggota Komisi C sidak ke SPBE di kawasan Margomulyo.
(net)

0 komentar:

Posting Komentar